Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Wagyu Steak ala Mediterania-Asia

Kompas.com - 11/11/2011, 17:17 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com - Bayangkan ini, steak wagyu yang dilumuri wine jus di sekitarnya. Rasa steak wagyu pun menjadi berbeda dari biasanya. Menu "Wagyu Beef with Aromatics and Purple Potato Purée, Syrah Wine Jus" ini merupakan salah satu menu andalan Chef Jerome Laurent, seorang Michelin Chef dari Arles, sebuah kota di Perancis.

Di tahun 2007, ia meraih bintang Michelin, peringkat bergengsi yang menilai restoran-restoran fine dining di dunia. Ciri khas masakan racikan Jerome adalah menonjolkan menu sehat Mediterania dengan sentuhan Asia. Daging wagyu dimasak tidak terlalu matang agar dagingnya tak keras atau lebih empuk. Kemudian rasa Syrah Wine Jus benar-benar membuat rasa daging wagyu semakin unik. Apalagi ditambah cacahan kentang dan tomat.

"Saya menggunakan Syrah Wine Jus karena warnanya yang menarik dan cerah," ujar Chef Jerome Laurent.   Nah, sebelum menikmati wagyu, terdapat dua menu makanan sebagai pembuka selera makan Anda. Untuk hidangan pembuka, ada menu "Seared Red Mullet Fillet" yaitu fillet ikan belanak merah disajikan bersama hummus, biji wijen panggang, dan sari lemon.

Makanan ini terinspirasi dari kuliner khas Timur Tengah. Hal ini terlihat dari penggunaan hummus yang merupakan saus celupan khas Arab yang terbuat dari buncis tumbuk serta dicampur dengan tahini atau pasta wijen, minyak zaitun, jus lemon, garam, dan bawang putih.

Kemudian untuk makanan penengah sebelum menu utama adalah "Caramelized Empror Fillet". Menu ini menampilkan ikan emperor dari jenis ikan lokal asal laut Indonesia yang dimasak. Ikan disajikan bersama sayuran berupa wortel, jamur, kacang polong, dan saus artichoke puree.

Nah, kelar dengan menu pembuka hingga menu utama, jangan lupa mencicipi hidangan penutup yaitu "Mango Tart" berupa kue mangga yang dibubuhi mascarpone cream dan sari limau. Kue ini makin istimewa karena disajikan dengan mango sorbet atau es dari mangga. Campuran limau serta mangga berpadu apik menghadirkan rasa asam menggigit nan menyegarkan.

Tertarik mencoba menu-menu yang pernah memenangkan penghargaan ini? Silahkan mampir ke Lyon Restaurant, di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta. Pada tanggal 10-12 November 2011, Lyon Restaurant menghadirkan Chef Jerome Laurent. Chef Jerome Laurent juga pemilik restoran “Le Cilantro” terkemuka di Perancis yang mendapatkan review baik di The New York Times. Ia pun dikenal sebagai koki dengan pengalaman memasak hampir di setiap benua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com